KEMAH YANG MENYENANGKAN ~ SCOUTNEMA

KEMAH YANG MENYENANGKAN

Mentari telah datang untuk menggapai sinarnya. Hari itu aku sangat senang sekali. Tepat pada hari sabtu tanggal 17 september 2016 pukul sepuluh pagi aku berada di sekolahku tercinta SMA Negeri Mojoagung (SMANEMA) dalam rangka kegiatan pelantikan pramuka atau Dewan Ambalan. Kegiatan ini diwajibkan bagi kelas 10 dan kelas 11 . Kegiatan ini dimulai dari check in. Pada saat check in kita disuruh untuk mengucapkan Dasa dharma Pramuka .Setelah itu aku dan teman-temanku langsung masuk ke dalam mobil untuk menuju perjalanan ke Mendiro Wonosalam. Perjalanannya sangat menyenangkan sekali karena disekitar jalan  kita bisa melihat pemandangan yang begitu indah dan alamnya masih asri sekali.
    Setelah sampai disana kami segera membangun tenda yang telah disiapkan dan hanya diberi waktu tujuh menit saja. Setelah tenda berdiri adzan ashar terdengar. Kami langsung disuruh mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah sholat ashar . Untuk sholat saja kita harus naik turun bukit dengan jalan yang tidak bisa dibayangkan . Sehabis itu kami kembali ke area perkemahan untuk memasukkan barang yang berada diluar ke dalam tenda masing-masing peserta. Setelah itu kami diberi waktu untuk istirahat sampai adzan maghrib berkumandang. Sehabis sholat maghrib kita disuruh untuk membaca kitab suci sampai isyak.
        Sehabis sholat isyak kami langsung diberi materi tentang packing menggunakan tas carrier oleh Kak Bilqis. Tas carrier yang semulanya pertama kita bawa sangatlah berat dan setelah kita diajari materi packing , tasnya terasa jauh lebih ringan. Setelah diberi materi packing kita juga diberi materi tentang survival. Kita benar-benar diajarkan bagaimana cara membuat api jika tidak ada korek api dan kita juga diajarkan bagaimana cara bertahan hidup di alam. Setelah diberi materi jam menunjukkan pukul 24.00 malam. Kita disuruh untuk melakukan sholat sunnah malam. Setelah melakukan sholat kita disuruh untuk tidur.

Waktu itu tepat pukul 03.00 pagi kami disuruh bangun oleh para kakak-kakak senior untuk mencari pin tanda jabatan dengan hanya berbekal head lamp , kompas dan peta. Waktu itu aku dan kelompok ku kesulitan untuk mencari karena tempatnya yang gelap dan banyak ditumbuhi rumput dan berbagai ilalang. Tapi aku dan kelompok ku tetap semangat dan tidak pantang menyerah untuk mencari dan medapatkan pin tanda jabatan itu. Setelah cukup lama mencari dan akhirnya aku dan kelompok ku bisa menemukan pin itu. Setelah cukup lama untuk mencari pin , kami segera mengambil air wudhu untuk melaksanakan ibadah sholat subuh berjamaah.
         Di pagi harinya setelah sarapan pagi , kami langsung berkemas dan membongkar tenda , setelah itu kami langsung menuju ke rumah Pak Wagisan untuk meletakkan tas carrier kami. Setelah itu kami langsung melakukan perjalanan pendaki an menuju puncak Mendiro atau lebih tepatnya adalah sela ringgit . Perjalanan dari rumah Pak Wagisan menuju ke sela ringgit tak bisa dibayangkan sama sekali. Kita harus berjuang melewati jalan yang sangat terjal dan dekat dengan jurang yang sangat curam. Meskipun begitu kami tidak putus asa dan saling menyemangati antara satu dengan yang lainnya. Meskipun begitu perjuangan kami tidak sia-sia , setelah mencapai puncak sela ringgit betapa menakjubkan sekali pemandangan alam ciptakan Tuhan ini. Aku begitu menikmati sekali pemandangan itu. Selain mendaki di puncak sela ringgit kita juga melakukan pelantikan Dewan Ambalan di puncak tersebut.
      . Setelah pelantikan selesai kami segera pulang melewati jalan yang sangatlah terjal . Kami hampir saja terpeleset karena jalannya yang begitu curam . Setelah itu Kami berkumpul di rumah Pak Wagisan untuk menunggu mobil jemputan sekolah. Sembari nunggu mobil jemputan melakukan sholat dhuhur terlebih dahulu  dan makan siang terlebih dahulu . Sebelum pulang kami packing terlebih dahulu dan melakukan upacara penutupan pelantikan.

Helvina

PRASWIRA

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.